Barakallah Ukhti Azizah

Barakallaahu laka, wa baaraka 'alaika, wa jama'a bainakumaa fii khair. Shalihat tentu sudah familiar dengan doa itu, kan? Tepat, doa tersebut adalah ucapan doa yang Rasulullah perintahkan untuk diberikan kepada pasangan yang menikah. Ada apa dengan pernikahan? Kenapa tiba-tiba di blog yang masih belia ini kami tulis tentang pernikahan?

Tak lain dan tak bukan adalah karena hari Minggu kemarin, 13 Oktober 2013, salah satu shalihat SPJ Bandung menggenapkan agamanya. Raden Nur Azizah Mulyasari. Familiar dengan namanya? Iya, beliau yang berperan menjadi Salma dalam film HKS Hanya Kerudung Sampah. 

Semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi untuk menyelenggarakan walimatul ursy yang sesuai syariat :)

Sesuatu yang baik hendaknya diawali dengan hal baik pula. Jika ingin pernikahan yang berkah, pastikan awal dan prosesnya tidak melanggar ketentuan Allah, pacaran misalnya.

Di acara walimah ukhti Azizah tempo hari, disediakan dua sisi kursi untuk memfasilitasi tamu yang non mahram untuk duduk terpisah. Pada kenyataannya memang hal ini tidak berjalan sepenuhnya, tapi paling tidak kita ada usaha. Pun dengan pakaian. Benar bahwa penampilan sama sekali tak boleh dikorbankan, karena itu, apapun acaranya, pastikan pakaian sudah syar'i. 

Luar biasa prosesi akad dan walimah. Selama akad, mempelai wanita tidak duduk di samping mempelai pria. Dia ada di balik panggung, duduk dengan khidmat dengan degupan jantung yang pasti lebih cepat dari biasanya. Setelah akad, atau mitsaqan ghaliza, selesai; mempelai wanita keluar untuk sungkeman dan tanda tangan di buku nikah. Khidmat, sederhana, penuh makna. Semoga pernikahan ini adalah pernikahan yang tak hanya bertahan di dunia, tapi juga di jannahNya kelak.

Bukan kemewahan poin utama, karena toh Allah membenci manusia yang boros dan mubadzir. Yang terpenting adalah maknanya, makna dari serangkaian acara yang in syaa Allah akan membuat Allah ridho. (@rahmadjati)

2 Responses so far.

  1. Anonymous says:

    Barakallah :")

  2. barokallaah semoga Allaah selalu limpahkan keluarga sakinah mawadah warahmah berkah dan istiqamah :')

Leave a Reply

Silakan tinggalkan komentar atau masukan :)