Hijrahku..

Bismillah..
Assalamu'alaykum! ^^

Kita flashback yuk ke masa lalu saya sendiri..

Me : ih, cowo kok engga bisa diem sih matanya ngelihat cewe dikit aja
Temen : emang kenapa?
Me : itu risih banget ada yang pake baju kebuka dikit aja dilihatin sampe kepalanya muter
Temen : iya yah ih.. kegenitan
Me : emang semua cowo mah sama
Nah, itu dulu saya risih banget kalau ada perempuan pakai baju lengan pendek aja, celana jeans ketat sama rambut dikucir. Terus, ada laki-laki lewat entah itu seorang atau berkelompok. Pasti : pertama, digodain. Kedua, dipelototin sampe puas sampe kepalanya melong-melong muter. Astaghfirullah.. RISIH BANGET! Dan yang pertama saya salahkan adalah kaum laki-laki. Tenang dulu kawan laki-laki, itu dulu. Tenang, santai, woles. Nanti dayu kasih permen. 

Saya tanpa berpikir panjang langsung salahkan kaum laki-laki yang sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Hello, kaum perempuan? Kalian adalah sumber fitnah terbesar!

Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah aku tinggalkan sepeninggalku fitnah (cobaan) yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki daripada (fitnah) wanita. (HR. Muttafaq ‘alaihi)

Istighfar yuk.. sudahkah kita berusaha untuk menjaga diri? Saya baru saja baca buku "Menikah Itu Mudah." Tenang, engga akan bahas tentang nikah kok, ini tentang sebagian isinya yang menyatakan bahwa kaum laki-laki memang sudah fitrahnya begitu. Oke, saya ijin kutip tulisan yang ada di buku itu ya..

Ada beberapa bagian dari tubuh kaum wanita yang menjadi daya tarik bagi lawan jenismu. Yaitu *maaf* pa****** (you know lah) dan bla bla bla (bahasanya terlalu frontal karena babnya juga agak frontal hehe).

Karena itu untukmu kaum hawa yang belum menikah, sebaiknya pakailah baju yang longgar.Baju-baju yang terlalu ketat dapat membuat saraf terjepit. Walhasi boleh jadi menyebabkan baal di beberapa daerah tubuh.

Justru yang paling baik adalah menggunakan jilbab. Ternyata ada hikmah tersendiri dalam penggunaan jilbab ini, terutama setelah mengetahui adanya kelenjar keringat yang begitu spesial dalam tubuh kita, yaitu apocrine dan kelenjar eccrine.

Kelenjar eccrine merupakan kelenjar yang 'biasa' ada di tubuh. Letaknya terdistribusi hampir ke seluruh bagian tubuh. Kelenjar inilah yang membuat keringan kita keluar saat kepanasan ataupun kelelahan. Kelenjar ini memang kelenjar keringat yang 'biasa' di tubuh kita. Adapun kelenjar apocrine adalah kelenjar yang baru mulai aktif saat kita mengalami pubertas. Letaknya pun tidak terdistribusi secara meluas seperti eccrineApocrine hanya terdistribusi di beberapa tempat seperti ketiak, selangkangan, dan daerah puting susu. Kelenjar ini memiliki fungsi yang unik, loh. Kelenjar ini mengeluarkan keringatnya dipengaruhi oleh emosi kita. Apocrine ini pun dipercaya memiliki fungsi dalam pengeluaran feromon.

Apalagi itu feromon? Fermomon adalah suatu zat kimia yang berfungsi untuk merangsang, memikat lawan jenis dari spesies yang sama. Sifat hormon ini layaknya parfum, menyebar via udara namun tidak bisa dideteksi baunya. Jadi feromon ini diterima oleh reseptor yang ada di hidung dan kemudian diubah bentuknya menjadi pulsa listrik menuju otak.

Nah, jadi penggunaan kerudung itu untuk meminimalisasi dampak pengeluaran feromon. Bayangkan kalau pengeluaran feromon berlebih karena tidak tertutup oleh pakaian jilbabmu!

Ma syaa Allah. Gimana? Masih kurang sempurna apa coba islam itu. Bahkan, Allah wajibkan muslimah berjilbab itu bukan tanpa sebab musabab. Bukan hanya yang katanya 'membelenggu' muslimah. Itu hanya ego masing-masing saja. Lantas? Masihkah kita menunda-nunda kebaikan? Hei kapan atuh mau berubahnya kalau ditunda terus maaah :D

Nah, jelas kan yaa penjelasan di atas. Saya pun takjub bukan main ketika saya tahu ada penjelasan sampai ke hormon. Lantas, kenapa yaa yang sudah berjilbab saja masih suka digodain? Sekarang kita ngaca deh. Udah syar'i belum? Megah engga? Mewah engga? Tertutup seluruhnya engga? Kalau yang ada masih ngumbar dada, masih tipis kelihatan itu leher, masih kelihatan itu onggokan rambut, masih ketat itu membentuk tubuh, ya iyalah pasti masih digodain.. Saya buktikan berjilbab syar'i itu terlindungi!

Oke.. jelas yaa ternyata kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan kaum adam yang fitrahnya memang begitu. Kaum adam itu otaknya full dimension. Ketika melihat perempuan pahanya kemana-mana, mereka bisa bayangkan sampai isi-isinya. Ini menurut studi sih,bener engga kaum adam? Nah, Maha Adil Allah.. ketika kaum adam diciptakan begitu maka kaum hawa bukan dibiarkan menjadi objek syahwat kaum adam. Allah turunkan perintah wajib berjilbab.. masih ragu sama Allah? Ah, mau sampai kapan ragu? Ragu kok sama ketetapan Allah. Rugi! Dalam hal apapun itu *ngomong sama kaca*

Kemudian ada percakapan singkat antara saya sama mamang andong.


Jumat, 20 Desember 2013
Jalanan gunung batu ramai walaupun gerimis kecil-kecil. Saya ada di atas andong berdua sama mamangnya. Hehe. Lalu, ada seorang perempuan muda berdiri di pinggiran jalan. Dia sedang menunggu entah apa. Beuh, seksi. *afwan*. Bajunya lekbong gitu kalau engga salah.. Pakai celana jeans ketat.. beuh.. kalau yang imannya engga kuat mah.. Gadhul bashar! Si emang, emang dasar emang. Dia ngeliatin terus aja sambil nawarin padahal si enengnya mah udah geleng-geleng.. Lantas, si emang nyeletuk.

Mangdong : "heuh, eta mah udah lah engga usah pakai baju aja sekalian"
Me : *nyengir lebar* da emang heeuh sih *ngomong dalam hati*
Mangdong : "ya atuh neng jaman sekarang mah ya.. iman pasti kuat lah.. Tapi,namanya juga laki-laki neng. Ngeliat begitu mah menurunkan kualitas iman. Imannya mah kuat tapi iminnya engga nguatin
Me : "hehe. iya sih mang.." *mikir keras* he euh juga nya.
Mangdong : "yah gitu lah neng gimana jaman sekarang maksiat engga berkurang atuh iminnya juga begitu. tuh di sana mah bla bla bla bla *sensor*
Me : "oh iya? astaghfirullah.. yah emang gitu mang. Harus imin juga yaa jaga penampilan."
Mangdong : "he euh neng. bener."

Selama percakapan, asli mangnya paham banget sama saya yang irit ngomong, yang jaga jarak, yang engga macem-macem.. Mangdongnya santun banget bicaranya, bahkan beda banget sama bicara waktu ke neng yang di pinggir jalan itu. Mangdongnya asli beda.. Mungkin, itu salah satu hikmah berjilbab. "TERLINDUNGI"

Jadi, mari kita renungi diri masing-masing... Buat perempuan, sudahkah kita menjaga diri kita sendiri di depan ikhwan? Bahkan, yang sudah berjilbab pun, sudah syar'i kalau bajunya masih ketat, bahannya masih membentuk lekuk tubuh, laki-laki pun takkan tinggal diam matanya. Jadi, yuk sekarang kita perhatikan pakaian. Dipakai kerudungnya, itu wajib. Diperhatian peraturannya, sesuai kah dengan aturan agama? Dilonggarkan bajunya, no ketat-ketat ah.. Your body is not that cheap to be seen by another people. Cukup cuami aja nanti.. oke? Buat laki-laki juga sih. Godhul bashar.. hehe iya toh? Tantangan buat para lelaki..

So.. laki-laki dan perempuan hidupnya saling melengkapi kok. Kalau kita pandai jaga diri masing-masing, kedua belah pihak, in syaa Allah aman lah.. So, jaga dirimu.. Yang akhawat untuk calon imamnya, yang ikhwan untuk calon bidadarinya.. Belajar jaga hati, pikiran, pandangan.. ah segala-galanya.. niatkan lillah, in syaa Allah balasannya indah.. niatkan dunia, in syaa Allah balasannya engga enakin. hehe.semangat... LILLAH

Koreksi juga diri masing-masing, lebih baik dari saling menyalahkan.. We must be wise ...  :)

Mohon maaf kalau ada salah-salah kata. semoga kita bisa ambil ibrahnya..

Wassalamu'alaykum! (@arimdayu)

Leave a Reply

Silakan tinggalkan komentar atau masukan :)