FIRMAN-NYA MENYAPAKU by LINAH

Jahiliyah yang menjadi titik balik
Saat itu aku dan teman-temanku menempati kelas baru kami. Ya, kami baru saja naik ke kelas dua jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Haru dan bangga yang kami rasakan. “Rasanya baru kemarin aku mengikuti masa orientasi siswa (MOS), tapi sekarang udah di kelas dua aja”, gumamku dalam hati. Ternyata yang lain pun merasakan hal yang sama, mereka juga tidak menyangka telah melewatkan satu tahun pelajaran di sekolah kami tercinta. 
Karena tahun itu tahun ajaran baru, sekolah pun mengeluarkan beberapa kebijakan baru, diantaranya: siswa yang beragama Islam diwajibkan mengenakan kerudung serta seragam busana muslim bagi perempuan dan celana panjang bagi laki-laki. Bagi yang beragama non-Islam pun sekolah mengenakan kebijakan yang sama, hanya saja untuk siswa perempuan mereka tidak mengenakan kerudung. Hal ini guna mendukung program pemerintah daerah kabupaten Bekasi.

Kebijakan tersebut tidak hanya berlaku untuk siswa tahun ajaran baru, siswa kelas VIII dan kelas IX pun diwajibkan untuk mengikuti aturan tersebut. Saat itu aku langsung berpikir, berarti aku harus merubah cara berseragamku. Aku memang tidak berkerudung, pakaian yang kugunakan masih serba pendek, termasuk seragam sekolah yang kupakai selama ini. Alhasil, dalam sekejap penampilanku pun berubah. Saat pergi ke sekolah aku mengenakan rok panjang dan kemeja lengan panjang ditambah kerudung yang menutupi kepalaku. Awalnya aku merasa tidak nyaman, karena harus berjalan kaki dari rumah ke sekolah, setiap pulang sekolah aku merasa gerah dan kepanasan dengan penampilanku yang sekarang. Makanya kerudung hanya  kugunakan saat di sekolah, ketika di rumah atau bepergian aku masih menggenakan pakaian serba pendek.

Beberapa bulan kujalani seperti itu. Aku mulai merasa malu dengan orang-orang di sekelilingku, terutama dengan diriku sendiri. “kalau tidak siap untuk jadi orang baik jangan terlalu memaksakan, kerudung itu bukan mainan, jadi jangan buka pakai sesukamu”, aku memaki diri sendiri. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk merubah diriku, mengubah tingkah laku yang jauh dari kata baik.

Ayat demi ayat kupelajari firman-Nya
Aku lupa hari itu tanggal berapa dan bulan apa, tapi yang kuingat hari itu adalah hari jum’at. Seperti biasa, setiap jum’at siang sekolahku mengadakan keputrian bagi siswa perempuan. Aku dan teman-temanku biasanya lebih memilih untuk pulang lebih awal, karena kita berpikir itu lebih mengasyikan dari pada duduk diam sambil mendengarkan pematerian. Sejak awal masuk sekolah aku memang tidak terlalu tertarik untuk mengikuti kegiatan keislaman. Makanya seni tari adalah ekstrakurikuler yang aku pilih sejak kelas satu. Waktu itu aku masih belum berkerudung. Sekolahku sering mengikuti beberapa perlombaan tari dan biasanya aku dan teman-teman yang mewakili.

Tetapi hari jum’at itu terasa berbeda untukku. Aku memutuskan untuk mengikuti kegiatan keputrian, kegiatan yang pertama kali kuikuti. Setelah bel tanda pelajaran berakhir dibunyikan, aku langsung bergegas menuju ruang kelas yang digunakan untuk berkumpul. Aku mendapati beberapa orang yang sudah berada di dalam ruangan dan langsung masuk untuk menjadi bagian dari mereka. Alhamdulillah, mereka menyambutku dengan baik. Karena keputrian bukanlah ekstrakurikuler, jadi yang mengikutinya tidak terikat, biasanya hanya mereka yang memiliki waktu luang atau mereka yang memang ingin benar-benar mempelajari tentang sisi perempuan dari sudut pandang agama.

Pembahasan hari itu ternyata tentang berhijab, subhanallah, padahal aku tidak mengetahui sebelumnya tetapi sepertinya Allah memang membimbingku untuk menuju ke sana. Pematerinya adalah ibu Rosa Lina, guru bimbingan konseling (BK), yang aku tahu dulunya beliau pernah bergabung di Lembaga Dakwah Kampus tempat dia kuliah. Dia membahas sebuah ayat dipertemuan itu, ayat yang Allah turunkan untuk menyapaku,


“Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya...” Q.S An-Nuur: 31
itu lah ayat yang menjadi awal perjumpaanku dengan hijabku yang sesungguhnya. Ayat yang membuat hatiku serasa terketuk. Selama ini aku merasa sangat bodoh, kemana saja diriku, padahal Allah telah menetapkan ketentuan yang telah dibuatnya berabad-abad tahun yang lalu.
        
    Selesai keputrian aku memutuskan untuk langsung bergegas pulang ke rumah. Dalam perjalanan aku berpikir untuk tidak melepaskan kerudung ketika di luar rumah selain untuk ke sekolah, mulai hari ini dan hari-hari selanjutnya. Beberapa hari aku mencobanya, tapi hal itu hanya bertahan selama seminggu. Ternyata aku belum siap, aku masih mengeluh dengan kegerahanku, ditambah lagi respon dari orang-orang sekitar yang belum bisa menerima. Aku buka kembali kerudungku, lagi-lagi aku hanya menggunakannya ketika sekolah saja.

Seiring berjalannya waktu, aku merasakan kegelisahan yang tidak biasa, entah apa yang membuatku mulai merasa tidak nyaman dengan penampilanku yang kembali seperti semula. Sesekali aku membaca surat An-Nuur ayat 34, ayat yang disampaikan ketika pertama kali aku mengikuti keputrian di sekolah. Kubaca ia berulang-ulang dan kupelajari maknanya. Butuh waktu satu bulan untuk memutuskan bahwa aku harus mengenakan kerudung kembali. Aku menyadari itu adalah perintah Allah yang tidak bisa dibantah, kalau tidak dilaksanakan maka dosalah yang didapatkan. Astagfirullah..
           
Sejak saat itu, meski hanya menggunakan kerudung pendek ditambah dengan kaos lengan panjang dan celana jeans, tetapi aku mulai istikomah dengan penampilanku.  Di rumah aku cukup merasa asing, karena ibu dan empat orang kakak perempuanku tidak ada yang berhijab. Terkadang mereka memang tidak memberikan sindiran secara langsung, tapi sesekali kakakku mengomentari penampilanku, yang katanya terlihat agak norak. Tidak hanya kelurgaku, orang-orang di sekitar termasuk teman-temanku juga memberikan komentar yang hampir sama. Ya, ternyata mereka belum bisa menerima perubahanku.

Namun kondisi itu tidak membuatku mundur untuk berhijab. Perlahan-lahan, aku justru mencoba untuk memakai kerudung yang sesuai dengan perintah-Nya, “hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya”. Tidak hanya itu, lagi-lagi firman-Nya menyapaku,
Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.Q.S Al-Ahzab: 59
aku berpikir tidak hanya kerudung, pakaianku pun harus diperbaiki. Sebagai pelajar, aku merasa belum mampu mengeluarkan uang untuk membeli kerudung dan pakaian baru. Oleh karena itu, aku menanyakan kepada guru BKku, apakah dia memiliki kerudung panjang dan pakain syar’i yang sudah tidak terpakai tetapi masih bisa digunakan. Selang beberapa hari kemudian dia membawakannya untukku. Alhamdulillah, Allah mempermudahku.

Hari dan bulan berlalu, aku merasakan kenikmatan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Aku merasa senang dengan penampilanku yang sekarang. Indentitasku sebagai muslimah nampak jelas, lebih dari itu penampilanku melindungiku, baik dari sinar matahari maupun dari pandangan mata yang tidak bertanggungjawab. Sedikit demi sediki aku mulai mengurangi kegiatan ekskul seni tari, sampai akhirnya aku memutuskan untuk keluar dan berganti ektrakurikuler. Aku mengikuti ekskul Rohani Islam atau ROHIS.

Selanjutnya aku pun memutuskan untuk menutup auratku yang lain, ya, telapak kaki. Aku mencoba mengenakan kaos kaki ketika hendak keluar rumah. ibuku merasa heran, “kenapa pake kaos kaki, apa nggak terlalu berlebihan, nanti bagaimana kalau dilihat orang,” ungkapnya. Aku yang waktu itu terburu-buru karena hendak mengikuti pengajian tidak sempat menjelaskan kepadanya, hal itu membuatku sedikit merasa bersalah. Tetapi sepulangnya dari tempat pengajian, kutebus kesalahanku. Aku mengambil al-Quran, kubuka surat Al-Ahzab ayat 59, kusampaikan bahwa dengan menutup seluruh aurat yang Allah tentukan, maka seorang wanita akan mudah dikenali dan mereka tidak akan diganggu. Ibuku memang lembut hatinya, dia menerima penjelasan yang kusampaikan. Tidak hanya ibuku, lambat laun kakak dan teman-temanku juga menerima perubahan diriku.

Syukur pembuka rejeki
Alhamdulillah, dengan berhijab kemudahan itu Allah berikan kembali. Di tahun ketiga aku bersekolah, aku mendapatkan info dari kesiswaan bahwa aku termasuk kedalam 100 siswa berprestasi se-Provinsi dan berhak mendapatkan beasiswa pembinaan sebesar Rp 900.000-,. Tidak hanya itu, aku juga terpilih sebagai siswa lulusan terbaik tahun ajaran 2007/2008 dengan nilai UAS dan UN tertinggi di sekolahku.

Hingga jenjang SMA, prestasiku tidak menurun, beberapa beasiswa kembali kudapat di sekolah. Sampai saat ini, ketika nikmat itu berlanjut hingga statusku telah berubah menjadi mahasiswa, Allah masih mengistikamahkan hatiku untuk berhijab. Merasakan nikmatnya mendekat pada Dia yang maha pengasih.  Maha Suci Engkau ya Allah, maka nikmat mana lagi yang bisa kudustakan.


“hijab bukan benda tak hidup yang selalu diam tanpa bergerak, berhijab adalah urusan hati, ia harus terus dipupuk dan diperbaharui agar tidak mati”.

Biodata Penulis
Nama              : Linah
Status              : Mahasiswa (Pend. Bahasa Arab/ UPI)
FB/ Twitter      : ‘Nah Mufidah/@Nah_Mufidah

Leave a Reply

Silakan tinggalkan komentar atau masukan :)